cara melindungi dompet crypto

Cara Melindungi Dompet Crypto dari Serangan Hacker

Mengetahui cara melindungi dompet crypto agar tidak mudah diretas oleh penjahat siber, sangat diperlukan oleh mereka yang menggeluti investasi maupun trading kripto. Mata uang digital tersebut memang sangat rawan dicuri.

Aset kripto menjadi incaran penipu, scammer, dan penjahat siber lainnya karena nilainya tengah melonjak naik. Oleh sebab itu, langkah-langkah preventif untuk melindungi akun pada dompet digital bisa dilihat berikut ini.

Cara melindungi Dompet Crypto Agar Tidak Mudah Diretas

Ada beberapa cara mudah yang bisa diambil untuk mengamankan dompet kripto dari serangan hacker di luar sana, Mulai dari mengganti password secara rutin, menggunakan jaringan pribadi, hingga berhati-hati saat bertransaksi.

  1. layanan “cold wallet”

Tidak seperti hot wallet, cold wallet tidak terhubung ke internet sehingga tidak rentan terhadap serangan siber. Cold wallet juga dikenal sebagai dompet perangkat keras, menjadi opsi terbaik karena telah dienkripsi.

Sebagai pertimbangan, produsen seperti Trezor dan Ledger menawarkan berbagai model perangkat menyerupai USB yang dilengkapi dengan lapisan keamanan sekaligus fitur enkripsi yang telah diinstal sebelumnya. Sangat cocook untuk mengamankan akun.

  1. Memakai jaringan internet pribadi

Usahakan saat melakukan aktivitas seperti jual beli atau melakukan transaksi kripto lainnya, agar hanya menggunakan koneksi internet pribadi dan menghindari jaringan Wi-Fi publik. Selain aman, cara tersebut bisa menghindari peretasan.

Bahkan saat mengakses jaringan pribadi di rumah, VPN juga bisa dimanfaatkan sebagai keamanan tambahan. VPN mampu mengubah alamat IP dan lokasi, sehingga menjaga aktivitas penjelajahan tetap aman dari ancaman peretasan.

  1. Mengganti password secara berkala

Cara melindungi dompet crypto juga bisa dilakukan dengan cara mengganti password secara berkala sesuai dengan kebutuhan. Pertama-tama, pastikan agar menggunakan kata sandi yang kuat dan rumit, sehingga sangat sulit ditebak.

BACA JUGA :   Belajar Main Crypto Currency Khusus untuk Para Pemula

Agar tidak bingung jika kamu memiliki banyak dompet digital, gunakan kata sandi terpisah dan simpan menggunakan bantuan software seperti password reminder atau sejenisnya. Hindari memberikan password kepada orang tidak dikenal.

  1. Selalu update anti-virus ke versi terbaru

Akses terhadap dompet kripto seringkali tidak terpisahkan dengan perangkat PC dekstop maupun laptop. Terutama bagi pengguna sistem operasi Windows, memasang perangkat anti-virus sangat dianjurkan untuk mencegah adanya virus atau malware.

Anti-virus tersebut juga harus senantiasa diperbaharui ke versi selanjutnya, agar mampu memberikan perlindungan secara maksimal. Terutama ketika digunakan sebagai akses atau terhubung dengan dompet kripto untuk melakukan transaksi dan semacamnya.

  1. Berhati-hati terhadap setiap tautan yang ada

Berhati-hatilah dengan aktivitas online ketika sedang menjelajah di internet dengan cara selalu memeriksa tautan situs sebelum dikunjungi. Saat ini, peretas berusaha melakukan pencurian dengan cara menjebak targetnya menggunakan teknik phising.

Teknik phising sendiri merupakan upaya peretasan dengan cara mengkloning seluruh situs web dan menggunakan alamat URL yang hampir mirip dengan aslinya. Metode ini sangat berbahaya karena korban seringkali tidak menyadarinya.

  1. Mengaktifkan autentifikasi 2 faktor

Salah satu cara melindungi dompet crypto yang juga dikenal sangat ampuh adalah dengan mengaktifkan otentikasi dua faktor (2FA) atau otentikasi multi-faktor (MFA), sebagai pelapis keamanan tambahan setelah menggunakan password utama.

Secara deafult, sebagian besar penyedia layanan dompet online memberikan opsi untuk mengaktifkan otentikasi dua faktor. Karena mudah digunakan, tidak ada salahnya jika diaktifkan karena sangat efektif dalam mengamankan akun pengguna.

  1. Siapkan backup cadangan untuk keperluan restorasi

Perangkat cadangan (backup), memungkinkan kamu untuk mengakses dompet jika suatu saat kehilangan atau terjadi kerusakan sehingga menyebabkan gagal login di perangkat. Caranya bisa dilakukan dengan memilih lokasi aman sebagai persiapan.

BACA JUGA :   Mengenal Crypto Blockchain dan Bagaimana Cara Kerjanya

Saat perangkat benar-benar tidak bisa diakses karena berbagai hal, kamu bisa memulihkan akses ke dompet dengan menggunakan file cadangan. Sebagai tindakan pencegahan, saldo di dalamnya bisa dipindahkan ke dompet lainnya.

Keamanan akun dari sebuah dompet digital memang sangat krusial. Selain menjaga isi saldo di dalamnya, pemilik juga harus mempertahankan kepemilikan akunnya dengan mengetahui cara melindungi dompet crypto agar tidak diretas.

Pencarian berdasarkan kata kunci

Hacker,MInning