Perbedaan NFT dan Crypto

Pahami Perbedaan NFT dan Crypto Ini agar Tidak Salah Tangkap

Dunia trading dan investasi di Indonesia bahkan dunia saat ini sedang memfokuskan perhatian pada perbedaan NFT dan crypto yang menjadi perbincangan. Kemunculan hal ini mendapatkan tempat di hati masyarakat.

Jenis token ini adalah kekayaan digital menggunakan teknologi blockchain sebagai basisnya, sama seperti Bitcoin dan kawan-kawan. Adanya token ini diklaim memberikan keuntungan besar bagi para seniman dan kreator.

Bisa dibilang ini merupakan bagian dari konten virtual, berhubungan dengan blockchain yang menaungi Ethereum dan Bitcoin. Nilainya sendiri ternyata bisa mencapai nilai hingga puluhan juta dollar per item.

Perbedaan NFT dan Crypto, Apa Saja?

NFT atau Non Fungible Token, Fungibility merupakan kemampuan aset untuk ditukar menggunakan aset serupa dengan nilai sama. Sedangkan Token merupakan aset untuk mewakili sebuah produk, layanan, serta bentuk nilai lain.

NFT merupakan aset digital sebagai bukti kepemilikan suatu barang serta dibeli menggunakan mata uang digital (cryptocurrency). Aset ini mewakili barang-barang dengan nilai tertentu, tidak bisa diganti dan ditukarkan.

Transaksinya dicatat pada sebuah database dalam teknologi blockchain, berisi mengenai pencipta, riwayat kepemilikan, serta harga. Sebagian besar investasi di bidang ini dijual belikan menggunakan Ethereum (ETH).

Aset ini sebenarnya sudah populer sejak tahun 2017 lalu, ketika sebuah game bernama Crypto Kitties pertama kali rilis. Crypto Kitties merupakan game berbasis blockchain Ethereum, pemain bisa memiliki virtual pet.

Non Fungible Token adalah era baru sebagai media koleksi secara virtual, untuk mendukung para seniman tanpa melalui perantara lain. Namun sayang popularitasnya masih terbatas pada bidang seni, hiburan, dan hobi.

Non Fungible Token adalah sebuah kekayaan virtual hasil dari pengembangan dunia crypto, namun mempunyai penerapan, tujuan awal, bentuk tidak sama. Meskipun kripto juga menggunakan teknologi blockchain seperti ETH atau BTC.

BACA JUGA :   Kelebihan dan Kekurangan Cryptocurrency dalam Investasi

Jenis digital asset ini diciptakan menggunakan pemrograman serupa dengan kripto, misalnya Ethereum. Persamaan keduanya cukup sampai situ saja, karena nilainya berbeda dengan mata uang fisik.

Kripto seperti Bitcoin atau uang fisik di dunia nyata mempunyai nilai tukar masing-masing, serta dapat diperjualbelikan. Misalnya 1 keping Bitcoin mempunyai nilai tetap, atau uang kertas yang nilainya tetap sama.

Sedangkan NFT tidak mempunyai kesamaan nilai tukar, karena menggunakan sistem tanda tangan (tidak dapat ditukar, tidak setara). Meskipun sama, kedua benda tidak bisa ditukar atau diganti begitu saja.

Perbedaan NFT dan Crypto, Bagaimana Penerapannya?

Karena mempunyai keunikan tersendiri, token ini dipandang mempunyai potensi besar untuk kepentingan berbagai sektor. Lalu apa saja contoh penerapannya di beberapa sektor tersebut, kamu perlu mengetahuinya.

  1. Sektor Industri Karya Seni

Token ini memberikan jaminan berupa keamanan bagi semua karya yang dipublikasikan secara virtual. Sebelumnya, konten virtual tersebut dapat disebarluaskan secara bebas sehingga menimbulkan kerugian bagi para seniman.

  1. Sektor Entertainment dan Hobi

Generasi pertama, yaitu Crypto Kitties, memungkinkan para penggunanya mengadopsi, merawat, hingga memperjualbelikan kucing virtual. Pasar ini didominasi oleh sejumlah produk dengan tujuan untuk koleksi dan kesenangan.

  1. Sektor Bisnis

Token ini dapat dihubungkan dengan kekayaan fisik misalkan lisensi atau sertifikasi properti. Sedangkan akte kepemilikan atas suatu barang bisa disimpan secara aman menggunakan teknologi blockchain tanpa khawatir resiko kehilangan.

Contohnya adalah seperti perusahaan Nike, memantenkan sistem Crypto Kicks original pada tahun 2019. Pemilik Crypto Kicks bisa mengkombinasikan beberapa desain secara virtual untuk menciptakan sepatu baru.

Saat ini banyak marketplace dapat digunakan sebagai media jual beli antara penjual dan pembeli. Perbedaan NFT dan crypto adalah dari bentuk, cara penggunaan, serta tujuan penciptaannya.

BACA JUGA :   MENGENAL NFT : Cara membuat, membeli dan menjual.